1.
Kesulitan
remaja dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat?
· Kecanggungan
dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
· Ketidakstabilan
emosi.
· Adanya
perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
· Adanya
sikap menentang dan menantang orang tua.
· Pertentangan
di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan
masyarakat sekitar.
· Kegelisahan
karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
· Senang
bereksperimentasi.
· Senang
bereksplorasi.
· Mempunyai
banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
· Kecenderungan
membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.
2.
Kenapa
remaja suka membentuk kelompok?
Karna kecendrungan remaja memiliki sifat
narsistic yaitu mencintai diri sendiri dan menyukai tmn2 yg mempunyai sifat yg
sama dgn dirinya.
3. Guru tugasnya mengembangkan emosi
masyarakat. Bagaimana caranya? Dengan cara mengontrol
tingkah laku masyarakat, melalui :
· Folkways à Tingkah laku yang lazim
· Mores à Tingkah laku yang sebaiknya dilakukan
· Law à Tingkah laku yang harus dilakukan dan
dihindari
4.
Pengertian
remaja?
• Remaja
menurut Undang-Undang Kesejahteraan Anak (UU No. 4/1979) remaja
adalah semua orang di bawah usia 21 tahun dan belum menikah sebagai anak-anak
dan karenanya berhak mendapat perlakuan dan kemudahan-kemudahan yang
diperuntukkan bagi anak.
Batasan
remaja menurut WHO :
• Remaja awal berusia 10-14thn, remaja akhir 15-20
Ciri
remaja menurut masyarakat indonesia
· Usia 11 tahun adalah usia
ketika pada umumnya seksual sekunder mulai tampak.
· Usia 11 tahun sudah dianggap
akil baligh baik menurut adat maupun agama
· Pada usia 11 tahun
tanda-tanda penyempuranaan perkembangan jiwa mulai ada (kriteria psikologi).
· Batas usia 24 tahun
merupakan batas maksimal usia yang masih bergantung pada orang tua, belum
mempunyai hak-hak penuh sebagai orang dewasa (adat atau tradisi).
· Status perkawinan menetukan,
karena arti perkawinan masih sangat penting di masyarakat kita pada umumnya.
Definisi remaja di sini khusus untuk yang belum menikah.
Ciri remaja menurut WHO
• Individu berkembang dari saat pertama kali ia
menunjukan tanda-tanda seksual sekundernya sampai saat ia mencapai kematangan
seksual.
• Individu mengalami perkembangan psikologis dan pola
identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa.
• Terjadi
peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh kepada keadaan yang
relatif lebih mandiri.
5.
Upaya2
dan bentuk2 pemenuhan kebutuhan yg berkaitan dengan kematangan fungsi sosial
6.
Pertumbuhan
fisik berpengaruh dalam sosial psikologi intelek bahasa
Perkembangan fisik pada masa remaja
diawali dengan pubertas, adalah masa kematangan fisik yang sangat cepat, yang
meliputi aspek hormonal dan perubahan fisik. Secara intelektual, Pikiran mereka
juga berubah dengan artian mereka lebih dapat berfikir abstrak dan hipotesis,
perasaan mereka berubah hampir terhadap segala hal, semua bidang cakupan
perkembangan sebagai seorang remaja menghadapi tugas utama mereka, membangun
identitas termasuk identitas seksual yang akan terus mereka bawa sampai masa
dewasa. Secara sosoil remaja mulai diperhitungkan dalam kegiatan2 organisasi
masyarakat karena idealnya para remaja sudah memiliki pola fikir sendiri dalam
usaha memecahkan masalah-masalah yang kompleks dan abstrak.
7.
Uraikan
antara emosi dan tingkah laku secara teoritis dan berdasarkan pengalaman
8.
Bagaimana
tes bakat anak dan remaja
Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tertentu, untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan. Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang. Hasil tes bakat tidak dapat menentukan dengan mutlak pekerjaan atau karir apa yang harus dijalani, juga tidak untuk menjawab pertanyaan yang sangat khusus.
Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tertentu, untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan. Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang. Hasil tes bakat tidak dapat menentukan dengan mutlak pekerjaan atau karir apa yang harus dijalani, juga tidak untuk menjawab pertanyaan yang sangat khusus.
Cara
melakukan tes bakat : test iq, test minat bakat, memilih
ekskul yg diminati dll
Cara
mengenali dan mengetahui :
§ meyakini dan fokus pada kelebihan dirinya
§ Kembangkan konsep diri positif dirinya
§ Perkaya berbagai wawasan, pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang.
§ Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat untuk belajar dan menekuni bidang keunggulannya serta bidang-bidang lain yang berkaitan.
§ Tingkatkan motivasi untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya.
§ meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain.
§ Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua / guru dengan anak & remaja.
§ meyakini dan fokus pada kelebihan dirinya
§ Kembangkan konsep diri positif dirinya
§ Perkaya berbagai wawasan, pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang.
§ Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat untuk belajar dan menekuni bidang keunggulannya serta bidang-bidang lain yang berkaitan.
§ Tingkatkan motivasi untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya.
§ meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain.
§ Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua / guru dengan anak & remaja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar