Rabu, 24 September 2014

PPD - 2



1.      Kesulitan remaja dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat?
·  Kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
·  Ketidakstabilan emosi.
·  Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
·  Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
·  Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan masyarakat sekitar.
·  Kegelisahan karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
·  Senang bereksperimentasi.
·  Senang bereksplorasi.
·  Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
·  Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.

2.      Kenapa remaja suka membentuk kelompok?
Karna kecendrungan remaja memiliki sifat narsistic yaitu mencintai diri sendiri dan menyukai tmn2 yg mempunyai sifat yg sama dgn dirinya.

3.      Guru tugasnya mengembangkan emosi masyarakat. Bagaimana caranya? Dengan cara mengontrol tingkah laku masyarakat, melalui  :
·  Folkways à Tingkah laku yang lazim
·  Mores à Tingkah laku yang sebaiknya dilakukan
·  Law à Tingkah laku yang harus dilakukan dan dihindari

4.      Pengertian remaja?
  Remaja menurut Undang-Undang Kesejahteraan Anak (UU No. 4/1979) remaja adalah semua orang di bawah usia 21 tahun dan belum menikah sebagai anak-anak dan karenanya berhak mendapat perlakuan dan kemudahan-kemudahan yang diperuntukkan bagi anak.

Batasan remaja menurut WHO :
  Remaja awal berusia 10-14thn, remaja akhir 15-20
Ciri remaja menurut masyarakat indonesia
·    Usia 11 tahun adalah usia ketika pada umumnya seksual sekunder mulai tampak.
·    Usia 11 tahun sudah dianggap akil baligh baik menurut adat maupun agama
·    Pada usia 11 tahun tanda-tanda penyempuranaan perkembangan jiwa mulai ada (kriteria psikologi).
·    Batas usia 24 tahun merupakan batas maksimal usia yang masih bergantung pada orang tua, belum mempunyai hak-hak penuh sebagai orang dewasa (adat atau tradisi).
·    Status perkawinan menetukan, karena arti perkawinan masih sangat penting di masyarakat kita pada umumnya. Definisi remaja di sini khusus untuk yang belum menikah.

Ciri remaja menurut WHO
  Individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukan tanda-tanda seksual sekundernya sampai saat ia mencapai kematangan seksual.
  Individu mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dari kanak-kanak menjadi dewasa.
  Terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh kepada keadaan yang relatif lebih mandiri.

5.      Upaya2 dan bentuk2 pemenuhan kebutuhan yg berkaitan dengan kematangan fungsi sosial

6.      Pertumbuhan fisik berpengaruh dalam sosial psikologi intelek bahasa
Perkembangan fisik pada masa remaja diawali dengan pubertas, adalah masa kematangan fisik yang sangat cepat, yang meliputi aspek hormonal dan perubahan fisik. Secara intelektual, Pikiran mereka juga berubah dengan artian mereka lebih dapat berfikir abstrak dan hipotesis, perasaan mereka berubah hampir terhadap segala hal, semua bidang cakupan perkembangan sebagai seorang remaja menghadapi tugas utama mereka, membangun identitas termasuk identitas seksual yang akan terus mereka bawa sampai masa dewasa. Secara sosoil remaja mulai diperhitungkan dalam kegiatan2 organisasi masyarakat karena idealnya para remaja sudah memiliki pola fikir sendiri dalam usaha memecahkan masalah-masalah yang kompleks dan abstrak.

7.      Uraikan antara emosi dan tingkah laku secara teoritis dan berdasarkan pengalaman


8.      Bagaimana tes bakat anak dan remaja
            Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tertentu, untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan. Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang. Hasil tes bakat tidak dapat menentukan dengan mutlak pekerjaan atau karir apa yang harus dijalani, juga tidak untuk menjawab pertanyaan yang sangat khusus.
Cara melakukan tes bakat : test iq, test minat bakat, memilih ekskul yg diminati dll
Cara mengenali dan mengetahui :
§ meyakini dan fokus pada kelebihan dirinya
§ Kembangkan konsep diri positif dirinya
§ Perkaya berbagai wawasan, pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang.
§ Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat untuk belajar dan menekuni bidang keunggulannya serta bidang-bidang lain yang berkaitan.
§ Tingkatkan motivasi untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya.
§ meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain.
§ Jalin hubungan baik serta akrab antara orang tua / guru dengan anak & remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar