Rabu, 24 September 2014

PPD - 1



1.      Kebutuhan hidup manusia
a.       Kebutuhan jasmani : Berkaitan dengan daya fisik, contoh: makan, minum, beristirahat
b.      Kebutuhan rohani : Berkaitan dengan psikis, contoh: kasih sayang, rasa aman, kebebasan, pujian

2.      Kebutuhan hidup manusia menurut ABRAHAM MASLOW
a.      Phsylogical needs (kebutuhan fisiologis)
Kebutuhan dasar, primer dan vital karena menyangkut fungsi2 biologis dasar dan organisme manusia, contoh: makanan, pakaian, tempat tinggal
b.      Safety and security needs (kebutuhan rasa aman dan perlindungan)
c.       Social needs (kebutuhan sosial)
d.      Esteem needs (kebutuhan akan penghargaan)
Dihargai kemampuannya, kedudukan, status, pangkat dan jabatan
e.       Self actualization (kebutuhan akan aktualisasi diri)
Memaksimalkan penggunaan potensi, kemampuan, bakat, kreatifitas, ekspresi diri dan prestasi

3.      Pertumbuhan dan perkembangan adalah suatu proses yang sinkron dan interdependensi (saling ketergantungan). Seseorang mengalami perubahan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis yang kualitatif dan kuantitatif. Cepat atau lambatnya perkembangan seseorang  sesuai dengan cepat atau lambatnya pertumbuhan fisik. Karena pertumbuhan organ fisik mempengaruhi bertambahnya pula perkembangan perilaku berpikir serta keterampilan (skill) dalam fungsi tubuh yang lebih kompleks. Dua proses yang majemuk ini berlangsung seumur hidup dan merupakan interaksi antara bawaan, bakat, faktor lingkungan dan interaksi dari proses pematangan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

4.      Tugas perkembangan remaja
·         Mencapai landasan hidup relijius (memahami tugas sebagai manusia)
·         Penerimaan diri dan pengembangannya (fisik, mental, kepribadian)
·         Mencapai suatu peranan sosial sebagai pria atau wanita
·         Mencapai kematangan emosional
·         Kematangan intelektual
·         Kesadaran bertanggungjawab
·         kemandirian perilaku ekonomis
·         Memiliki wawasan persiapan karir
·         Kemampuan hubungan sosial
·         Mengembangkan sistem nilai sebagai pedoman berperilaku

5.      Faktor pertumbuhan dan perkembangan
Faktor eksternal :                               Faktor internal :
a.      Nutrisi                                     a.   Keturunan
b.      Hubungan interpersonal          b.   Hormon
c.       Tingkat sosial-ekonomi
d.      Penyakit
e.      Pengaruh media massa

6.      Pendapat benjamin bloom tentang 3 taksonomi pendidikan
a.       Cognitive domain (ranah kognitif) : berisi perilaku yg menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, analisis, sintesis, evaluasi dan keterampilan berpikir
b.      Affective domain (ranah afektif) : berisi perilaku yg menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti keuletan, semangat, minat, sikap, apresiasi dan cara penyesuaian diri
c.       Psychomotor domain (ranah psikomotor) : berisi perilaku yg menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan dan keahlian mengoperasikan mesin

7.      Sifat dan ciri manusia sebagai pribadi yang utuh
Manusia sebagai pribadi yang utuh yaitu manusia yang secara hakiki seimbang antar berbagai segi individu dan sosial, jasmani dan rohani, serta dunia dan akhirat. Keseimbangan hubungan tsb menggambarkan keselarasan antara hubungan antara manusia dengan dirinya, manusia dengan sesama, manusia dengan alam sekitarnya atau lingkungannya dan manusia dengan tuhan.

Sifat dan ciri tsb merupakan hal yang mutlak disandang oleh manusia, sehingga setiap manusia pada dasarnya sebagai pribadi atau individu yg utuh. Individu berarti undivided atau tidak dapat dibagi, tidak dapat dipisahkan. Keberadaannya sebagai makhluk yg pilah, tunggal dan khas. Seseorang berbeda dengan orang lain karena  ciri-cirinya yang khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar