1. Kebutuhan hidup manusia
a.
Kebutuhan jasmani : Berkaitan
dengan daya fisik, contoh: makan, minum, beristirahat
b.
Kebutuhan rohani : Berkaitan
dengan psikis, contoh: kasih sayang, rasa aman, kebebasan, pujian
2. Kebutuhan hidup manusia menurut ABRAHAM MASLOW
a.
Phsylogical needs (kebutuhan fisiologis)
Kebutuhan
dasar, primer dan vital karena menyangkut fungsi2 biologis dasar dan organisme
manusia, contoh: makanan, pakaian, tempat tinggal
b.
Safety and security needs (kebutuhan rasa aman dan
perlindungan)
c.
Social needs (kebutuhan sosial)
d.
Esteem needs (kebutuhan akan penghargaan)
Dihargai
kemampuannya, kedudukan, status, pangkat dan jabatan
e.
Self actualization (kebutuhan akan aktualisasi diri)
Memaksimalkan
penggunaan potensi, kemampuan, bakat, kreatifitas, ekspresi diri dan prestasi
3. Pertumbuhan dan
perkembangan adalah suatu proses yang sinkron dan interdependensi (saling
ketergantungan). Seseorang
mengalami perubahan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis yang
kualitatif dan kuantitatif. Cepat atau lambatnya perkembangan seseorang sesuai dengan cepat atau lambatnya
pertumbuhan fisik. Karena pertumbuhan organ fisik mempengaruhi bertambahnya
pula perkembangan perilaku berpikir serta keterampilan (skill) dalam fungsi
tubuh yang lebih kompleks. Dua proses yang majemuk ini berlangsung seumur hidup
dan merupakan interaksi antara bawaan, bakat, faktor lingkungan dan interaksi
dari proses pematangan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.
4. Tugas perkembangan remaja
·
Mencapai
landasan hidup relijius (memahami tugas sebagai manusia)
·
Penerimaan
diri dan pengembangannya (fisik, mental, kepribadian)
·
Mencapai
suatu peranan sosial sebagai pria atau wanita
·
Mencapai
kematangan emosional
·
Kematangan
intelektual
·
Kesadaran
bertanggungjawab
·
kemandirian
perilaku ekonomis
·
Memiliki
wawasan persiapan karir
·
Kemampuan
hubungan sosial
·
Mengembangkan
sistem nilai sebagai pedoman berperilaku
5.
Faktor
pertumbuhan dan perkembangan
Faktor eksternal
: Faktor internal :
a.
Nutrisi a. Keturunan
b.
Hubungan
interpersonal b. Hormon
c.
Tingkat
sosial-ekonomi
d.
Penyakit
e.
Pengaruh
media massa
6.
Pendapat
benjamin bloom tentang 3 taksonomi pendidikan
a. Cognitive
domain (ranah kognitif) : berisi perilaku yg
menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, analisis, sintesis, evaluasi
dan keterampilan berpikir
b. Affective
domain (ranah afektif) : berisi perilaku yg
menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti keuletan, semangat, minat, sikap,
apresiasi dan cara penyesuaian diri
c. Psychomotor
domain (ranah psikomotor) : berisi perilaku yg
menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan dan keahlian
mengoperasikan mesin
7.
Sifat
dan ciri manusia sebagai pribadi yang utuh
Manusia sebagai pribadi yang utuh
yaitu manusia yang secara hakiki seimbang antar berbagai segi individu dan
sosial, jasmani dan rohani, serta dunia dan akhirat. Keseimbangan hubungan tsb
menggambarkan keselarasan antara hubungan antara manusia dengan dirinya,
manusia dengan sesama, manusia dengan alam sekitarnya atau lingkungannya dan
manusia dengan tuhan.
Sifat dan ciri tsb merupakan hal
yang mutlak disandang oleh manusia, sehingga setiap manusia pada dasarnya
sebagai pribadi atau individu yg utuh. Individu berarti undivided atau tidak
dapat dibagi, tidak dapat dipisahkan. Keberadaannya sebagai makhluk yg pilah,
tunggal dan khas. Seseorang berbeda dengan orang lain karena ciri-cirinya yang khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar