Desi Liana - 201213500866 - R.3.H
BAB 1. HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
1. Jelaskan
dengan kata-kata sendiri apa yang dimaksud dengan belajar. Jika perlu berikan
contohnya!
·
Belajar adalah aktivitas mental atau psikis
dalam upaya memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku
atau tanggapan yang disebabkan oleh latihan atau pengalaman.
·
Contohnya : jika seseorang melakukan aktivitas
belajar maka ia berusaha menyerap pelajaran atau pengalaman yang dilakukannya
sehingga akan merubah pola pikir dan tingkah lakunya ke arah yang lebih baik
2. Sebutkan
hal-hal yang dilakukan oleh siswa agar ia dapat belajar secara berhasil!
·
Mengetahui
tujuan belajar secara jelas
·
Menyusun
program belajar yang sesuai dengan kepribadiannya
·
Menghormati
guru dan tak malu untuk bertanya dengan yang lebih berpengalaman
·
Menjalani
proses pembelajaran dengan ikhlas dan pantang menyerah
3. Sebutkan
pengertian belajar menurut salah satu ahli seperti Skinner, Gagne, Piaget, dan
Rogers! Bagaimana pendapat anda?
·
Menurut Gagne,
belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi
lingkungan, melewati pengolahan informasi menjadi kapabilitas baru.
·
Saya setuju
dengan pendapat dari Gagne diatas, karena dengan melalui proses belajar
seseorang mendapatkan informasi, pengetahuan dan pengalaman yang bukan hanya
sekedar menjadi teori dalam hidup, namun dapat diamalkan dan berguna bagi orang
yang belajar tersebut bahkan masyarakat luas.
4. Sebutkan
langkah-langkah belajar menurut pendapat Gagne! Bagaimana pendapat saudara
tentang langkah tersebut!
·
Menurut
Gagne dalam belajar terdiri dari 3 tahap yang meliputi 9 fase yaitu :
A. Persiapan untuk belajar
|
1. Mengarahkan perhatian
|
2.
Ekspektasi
|
|
3.
Retrival
( informasi dan keterampilan yang relevan untuk memori kerja )
|
|
B. Pemerolehan dan unjuk
perbuatan
|
4. Presepsi selektif atas sifat
stimulus
|
5.
Sandi
sematik
|
|
6.
Retrival
dan respons
|
|
7.
Penguatan
|
|
C. Retrival dan alih belajar
|
8. Pengisyaratan
|
9.
Pemberlakuan
secara umum
|
·
Saya
sependapat dengan Gagne mengenai langkah-langkah belajar tersebut, karena
dengan adanya tahap dan fase tersebut mempermudah guru untuk melakukan
pembelajaran.
5. Sebutkan
kemampuan-kemampuan dalam ranah-ranah kognitif Bloom! Sebutkan faedah taksonomi
bloom tersebut untuk pembelajaran!
Ranah
kognitif bloom
|
Faedah
taksonomi bloom untuk pembelajaran
|
1. Pengetahuan
|
Mencapai kemampuan ingatan tentang hal yang telah
dipelajari dan tersimpan dalam ingatan
|
2. Pemahaman
|
Mencapai kemampuan menangkap arti dan makna hal yang
dipelajari
|
3. Penerapan
|
Mencakup kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk
menghadapi masalah yang nyata dan baru
|
4. Analisis
|
Mencakup kemampuan merinci suatu kesatuan ke dalam bagian
bagian sehingga struktur keseluruhan dipahami dengan baik
|
5. Sintesis
|
Mencakup kemampuan membentuk suatu pola baru
|
6. Evaluasi
|
Mencakup kemampuan membentuk pendapat tentang beberapa hal
berdasarkan kriteria
|
6. Bandingkan
apa faedah tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa!
Faedah
tujuan pembelajaran bagi guru
|
Faedah
tujuan pembelajaran bagi siswa
|
Dalam desain instruksional guru merumuskan tujuan
intruksional khusus atau sasaran belajar siswa. Sasaran belajar tersebut
berfaedah bagi guru untuk pedoman tindak mengajar.
|
Siswa yang memiliki tujuan belajar secara jelas akan
belajar dengan penuh semangat, agar tujuan untuk belajar lanjut atau untuk
mencari pekerjaan dikemudian hari dapat tercapai.
|
7. Dapatkah
dikatakan bahwa pengajaran yang berhasil adalah juga belajar yang berhasil?
Mengapa demikian?
Dapat,
kerena hasil belajar merupakan hasil
dari interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar, untuk
sebagian adalah berkat tindak guru, suatu pencapaian tujuan pengajaran. Pada
bagian lain merupakan peningkatan kemampuan siswa. Dapak pengajaran pun juga mendapat dampak
pengiring berupa siswa mengalami proses belajar dan mencapai hasil belajar
berkat tuntunan intruksional dalam pengajaran.
8. Sebutkan
upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuat suasana belajar yang
berhasil di sekolah!
·
Membuat
program pembelajaran menurut kurikulum yang berlaku
·
Mempersiapkan
bahan belajar yang dikemas menarik
·
Memanfaatkan
media dan sumber belajar diluar sekolah
·
Melakukan
pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa, bahan ajar dan kondisi tempat belajar
9. Sebutkan
langkah-langkah untuk mendidik pentingnya pembuatan program belajar bagi siswa
SLTP dan SLTA?
·
Terlebih
dahulu guru mengenali karakteristik tiap individu siswa
·
Menjelaskan
manfaat pentingnya pembuatan program belajar bagi proses belajar
·
Memberikan
contoh beberapa orang yang berhasil karena membuat program belajar
·
Memotivasi
siswa
10. Cari
kenalan siswa SLTP atau SLTA. Carilah informasi dari mereka apakah mereka sudah
memiliki program belajar dan tujuan belajar sendiri? Laporkan temuan anda
kepada pembina mata kuliah! Bagaimana pendapat saudara sendiri?
Menurut
pengamatan yang sudah saya lakukan, hanya sebagian besar siswa SLTP atau SLTA
yang sudah memiliki program belajar dan tujuan belajar sendiri. Sebagiannya lagi menganggap belajar hanya
tinggal mengikuti apa yang diperintahkan guru tanpa harus membuat program
belajar sendiri lagi. Karena hal inilah sebagai guru harus melakukan beberapa
motivasi dan memberitahu pentingnya membuat program belajar dan memiliki tujuan
belajar.
terma kasih,, materi soal ini sangat membantu saya mbak
BalasHapusTerima kasih
BalasHapusTerima kasih
BalasHapus