Rabu, 24 September 2014

Belajar dan Pembelajaran - BAB 1




Desi Liana - 201213500866 - R.3.H

BAB 1. HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

1.       Jelaskan dengan kata-kata sendiri apa yang dimaksud dengan belajar. Jika perlu berikan contohnya!
·         Belajar adalah aktivitas mental atau psikis dalam upaya memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh latihan atau pengalaman.
·         Contohnya : jika seseorang melakukan aktivitas belajar maka ia berusaha menyerap pelajaran atau pengalaman yang dilakukannya sehingga akan merubah pola pikir dan tingkah lakunya ke arah yang lebih baik

2.       Sebutkan hal-hal yang dilakukan oleh siswa agar ia dapat belajar secara berhasil!
·         Mengetahui tujuan belajar secara jelas
·         Menyusun program belajar yang sesuai dengan kepribadiannya
·         Menghormati guru dan tak malu untuk bertanya dengan yang lebih berpengalaman
·         Menjalani proses pembelajaran dengan ikhlas dan pantang menyerah

3.       Sebutkan pengertian belajar menurut salah satu ahli seperti Skinner, Gagne, Piaget, dan Rogers! Bagaimana pendapat anda?
·         Menurut Gagne, belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi menjadi kapabilitas baru.
·         Saya setuju dengan pendapat dari Gagne diatas, karena dengan melalui proses belajar seseorang mendapatkan informasi, pengetahuan dan pengalaman yang bukan hanya sekedar menjadi teori dalam hidup, namun dapat diamalkan dan berguna bagi orang yang belajar tersebut bahkan masyarakat luas.

4.       Sebutkan langkah-langkah belajar menurut pendapat Gagne! Bagaimana pendapat saudara tentang langkah tersebut!
·         Menurut Gagne dalam belajar terdiri dari 3 tahap yang meliputi 9 fase yaitu :
A.      Persiapan untuk belajar
1.       Mengarahkan perhatian
2.       Ekspektasi
3.       Retrival ( informasi dan keterampilan yang relevan untuk memori kerja )
B.      Pemerolehan dan unjuk perbuatan
4.       Presepsi selektif atas sifat stimulus
5.       Sandi sematik
6.       Retrival dan respons
7.       Penguatan
C.      Retrival dan alih belajar
8.       Pengisyaratan
9.       Pemberlakuan secara umum
·         Saya sependapat dengan Gagne mengenai langkah-langkah belajar tersebut, karena dengan adanya tahap dan fase tersebut mempermudah guru untuk melakukan pembelajaran.

5.       Sebutkan kemampuan-kemampuan dalam ranah-ranah kognitif Bloom! Sebutkan faedah taksonomi bloom tersebut untuk pembelajaran!
Ranah kognitif bloom
Faedah taksonomi bloom untuk pembelajaran
1.       Pengetahuan
Mencapai kemampuan ingatan tentang hal yang telah dipelajari dan tersimpan dalam ingatan
2.       Pemahaman
Mencapai kemampuan menangkap arti dan makna hal yang dipelajari
3.       Penerapan
Mencakup kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk menghadapi masalah yang nyata dan baru
4.       Analisis
Mencakup kemampuan merinci suatu kesatuan ke dalam bagian bagian sehingga struktur keseluruhan dipahami dengan baik
5.       Sintesis
Mencakup kemampuan membentuk suatu pola baru
6.       Evaluasi
Mencakup kemampuan membentuk pendapat tentang beberapa hal berdasarkan kriteria

6.       Bandingkan apa faedah tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa!

Faedah tujuan pembelajaran bagi guru
Faedah tujuan pembelajaran bagi siswa
Dalam desain instruksional guru merumuskan tujuan intruksional khusus atau sasaran belajar siswa. Sasaran belajar tersebut berfaedah bagi guru untuk pedoman tindak mengajar.
Siswa yang memiliki tujuan belajar secara jelas akan belajar dengan penuh semangat, agar tujuan untuk belajar lanjut atau untuk mencari pekerjaan dikemudian hari dapat tercapai.

7.       Dapatkah dikatakan bahwa pengajaran yang berhasil adalah juga belajar yang berhasil? Mengapa demikian?
Dapat, kerena  hasil belajar merupakan hasil dari interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar, untuk sebagian adalah berkat tindak guru, suatu pencapaian tujuan pengajaran. Pada bagian lain merupakan peningkatan kemampuan siswa.  Dapak pengajaran pun juga mendapat dampak pengiring berupa siswa mengalami proses belajar dan mencapai hasil belajar berkat tuntunan intruksional dalam pengajaran.

8.       Sebutkan upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuat suasana belajar yang berhasil di sekolah!
·         Membuat program pembelajaran menurut kurikulum yang berlaku
·         Mempersiapkan bahan belajar yang  dikemas menarik
·         Memanfaatkan media dan sumber belajar diluar sekolah
·         Melakukan pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa, bahan ajar dan kondisi tempat belajar

9.       Sebutkan langkah-langkah untuk mendidik pentingnya pembuatan program belajar bagi siswa SLTP dan SLTA?
·         Terlebih dahulu guru mengenali karakteristik tiap individu siswa
·         Menjelaskan manfaat pentingnya pembuatan program belajar bagi proses belajar
·         Memberikan contoh beberapa orang yang berhasil karena membuat program belajar
·         Memotivasi siswa

10.   Cari kenalan siswa SLTP atau SLTA. Carilah informasi dari mereka apakah mereka sudah memiliki program belajar dan tujuan belajar sendiri? Laporkan temuan anda kepada pembina mata kuliah! Bagaimana pendapat saudara sendiri?
Menurut pengamatan yang sudah saya lakukan, hanya sebagian besar siswa SLTP atau SLTA yang sudah memiliki program belajar dan tujuan belajar sendiri.  Sebagiannya lagi menganggap belajar hanya tinggal mengikuti apa yang diperintahkan guru tanpa harus membuat program belajar sendiri lagi. Karena hal inilah sebagai guru harus melakukan beberapa motivasi dan memberitahu pentingnya membuat program belajar dan memiliki tujuan belajar.

3 komentar: