Desi Liana – 201213500866 - R.3.H
BAB 2. PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS
PEMBELAJARAN
1.
Isilah
titik-titik pada contoh 4 dengan prinsip-prinsip belajar yang tampak
berdasarkan kegiatan yang dilakukan guru.
1.
Perhatian
dan motivasi
2.
Keaktifan,
keterlibatan langsung, balikan dan penguatan
3.
Perhatian
4.
Keaktifan, keterlibatan langsung, tantangan,
perbedaan individual
5.
Keaktifan, keterlibatan langsung,
tantangan, perbedaan individu, balikan dan penguatan
6.
Perhatian, keaktifan, perbedaan
individual, balikan dan penguatan
7.
Keaktifan, keterlibatan langsung,
balikan dan penguatan
8.
Perhatian, keaktifan
9.
Keaktifan, keterlibatan langsung,
tantangan, perbedaan individu, balikan dan penguatan
10.
Perhatian dan perbedaan individual
11.
Balikan dan penguatan
12.
Pengulangan, balikan dan pengulangan
2.
Mengapa
prinsip-prinsip belajar berimplikasi bagi siswa dan guru? Jelaskan jawaban
anda!
· siswa
sebagai motor utama dalam kegiatan pembelajaran dengan alasan apapun tidak
dapat mengabaikan begitu saja adanya prinsip-prinsip belajar. Para siswa akan
berhasil dalam pembelajaran, jika mereka menyadari implikasi prinsip-prinsip
belajar terhadap diri mereka.
· guru
pun sebagai orang kedua dalam kegiatan pembelajaran terimplikasi oleh adanya
prinsip-prinsip belajar. Implikasi prinsip belajar bagi guru tertampak pada
rencana pembelajaran maupun pelaksanaan kegiatan pembelajarannya sehingga
meningkatkan kualitas pembelajaran
3.
Apakah
dalam setiap kegiatan pembelajaran pasti menampakkan prinsip-prinsip belajar?
Mengapa?
· Ya,
salah satu contoh prinsip belajar yang selalu ada disetiap kegiatan
pembelajaran adalah perhatian, tanpa memperhatikan tidak akan terjalin
komunikasi dan transfer informasi / ilmu dari guru ke murid. Sama halnya dengan
belajar melakukan sesuatu saat masih kecil, dengan memperhatikan, melihat dan
mendengar, maka ia mengikuti dan saat itulah ia belajar.
4.
Apakah
implikasi prinsip-prinsip belajar bagi guru yang paling utama?
· implikasi
prinsip-prinsip belajar bagi guru yang paling utama adalah susunan rencana
pembelajaran maupun pelaksanaan kegiatan pembelajarannya, yang terwujud dalam
fisik dan psikis mereka berupa bahan ajar, media belajar, metode belajar,
teknik belajar dll yang harus dipikirkan secara matang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar